Kamis, 01 Oktober 2009

Pelukis Leonardo Da Vinci

Leonardo Da Vinci (1452-1519) lahir di Florentina, adalah seorang seniman besar yang merupakan salah satu dari ‘trivmvirat’ pelukis pada jaman renaissance (selain Michaelangelo dan Rafael). Dia terkenal sebagai seniman multitalent. Ia adalah seorang seniman, pelukis, pematung, pemusik, penemu, ilmuwan, ahli matematika, ahli fisika, ahli astronomi, ahli biologi, ahli anatomi, dan filosof.

Lukisannya yang terkenal adalah ‘Monalisa’, ‘Perjamuan Terakhir’ dan ‘Virgin of the rock’. Selain terkenal sebagai seniman pelukis, dia juga dijuluki sebagai the first scientific illustrator. Beberapa karyanya yang mengukuhkan istilah ini adalah ‘Ornithopter’ dan ‘Virtuvian Man’.

Bahkan ‘Virtuvian Man’ sering dipakai dalam acara-acara yang bertajuk biologi, kesehatan maupun sejarah manusia.

Karya-karya Leonardo Da Vinci sering mengilhami seniman-seniman muda saat ini untuk ‘melu kamukten‘ dengan menampilkan aura Da Vinci dalam karya mereka saat ini. Sebut saja buku Dan Brown dengan judul Da Vinci Code atau sebuah perusahaan property interior di kota-kota besar di Indonesia mengambil nama sang legenda sebagai trademarknya.

Film anak-anak The Mutant Ninja Turtle bahkan mengambil nama-nama sang penguasa renaissance ini sebagai nama tokoh-tokoh rekaan tersebut: Leonardo, Michaelangelo, Raphael dan Donatello.

Leonardo Da Vinci hidup saat genre musik masih dikuasai musik classic. Teknologi saat itu belum menyebar seperti sekarang. Internet belum ada, komputer belum ada, jangan pula ponsel.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar